Jasa Legalitas

Tarif PPh final jasa konstruksi 2021 Turun

Di tahun ini pemerintah merencanakan menurunkan Tarif PPh final jasa konstruksi 2021 yang selama ini diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) 51/2008 s.t.d.d PP 40/2009. Rencana revisi ketentuan PPh final atas jasa konstruksi ini tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4 Tahun 2021.

Dalam Keppres tersebut memuat program penyusunan PP sepanjang tahun 2021 yang diprakarsai oleh berbagai kementerian. “Menetapkan RPP sebagaimana tercantum dalam lampiran merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keppres ini sebagai Program Penyusunan PP Tahun 2021″. demikian isi diktum kesatu Keppres 4/2021

Potongan Tarif PPh final jasa konstruksi 2021

Dalam waktu dekat pemerintah akan menetapkan penurunan tarif pajak penghasilan. Agenda itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4 tahun 2021 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah tahun 2021. Setidaknya, ada empat poin dalam rencana itu:

Pertama, PPh final atas pekerja konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa dengan kualifikasi usaha orang perseorangan dan kualifikasi usaha kecil dipatok sebesar 1,75 persen, sebelumnya 2 persen.

Kedua, sebesar 2,65 persen untuk pekerja konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa selain yang tidak memiliki kualifikasi usaha perorangan dan kualifikasi usaha kecil. Sebagai informasi, di Peraturan Presiden (PP) 51/2018 tarif PPh final pekerja konstruksi ini dikenakan tarif 3 persen.

Ketiga, sebesar 3,5 persen untuk pekerja konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang memiliki kualifikasi usaha. Tarif ini turun dari ketentuan yang berlaku sebelumnya, yakni 4 persen.

Keempat, tarif PPh lama digunakan untuk pekerja konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki kualifikasi usaha, dan PPh final bagi konsultasi konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa yang tidak memiliki kualifikasi usaha. Tarif keduanya masih mengacu PP 51/2021 masing-masing sebesar 4 persen dan 6 persen.

Kebijakan ini diharapkan akan memberikan dukungan bagi dunia usaha dan pemerntah berharap penurunan PPh final bisa membantu usaha kontraktor yang sedang turun bahkan sempat terhenti akibat pandemi serta bisa meminimalisir PHK di sektor jasa usaha di bidang ini.

Join The Discussion

Call Now Button
Open chat
Hallo mba siti mau tanya seputar perizinan