Izin Usaha

ISO 9000 Manfaat dan Tujuan bagi perusahaan

ISO 9000 Manfaat dan Tujuan bagi perusahaan, Memasuki iklim kompetisi dan perdagangan bebas seperti ini, maka strategi kompetisi yang paling dapat diandalkan oleh pelaku bisnis adalah Strategi Kualitas. Oleh karena itu, para pelaku bisnis dan produsen harus terus berusaha untuk mengembangkan konsepsi dan teknologi kualitas sejalan dengan trend globalisasi.

Sampai saat ini ribuan perusahaan dan organisasi jasa diseluruh dunia termasuuk ratusan perusahaan di Indonesia, telah mengadopsi sistem manajemen kualitas ISO 9000. Data terakhir perusahaan di Indonesia yang telah memperoleh sertifikat sistem manajemen kualitas ISO 9000 berjumlah sekitar 284 perusahaan. Jumlah ini sangat sedikit dibandingkan dengan total perusahaan yang ada di Indonesia. Hal ini penting dan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan oleh perusahaan yang mengimplementasikan sistem manajemen kualitas ISO 9000 adalah komitmen perusahaan terhadap kualitas produk, efisiensi, efektivitas, produktivitas dan improvement proses operasi.


Sistem manajemen kualitas ISO 9000 didefenisikan sebagai standar sistem manajemen kualitas yang mengelola proses pencapaian kualitas. Sistem manajemen kualitas ISO 9000 mengatur hubungan antara suplier, perusahaan dan konsumen (pelanggan). Oleh karena itu, sitstem manajemen kualitas ISO 9000 sama sekali tidak berbicara tentang kualitas produk, tetapi berbicara tentang proses pencapaian suatu tingkat kualitas teretentu.

Kelebihan Sistem Manajemen Kualitas ISO 9000

Sistem manajemen kualitas ISO-9000 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem manajemen kualitas lainnya seperti Total Quality Control atau TQM. Pertama, sistem manajemen kualitas ISO -9000 sangat antisipatif, ketat dalam hal prosedur dan dokumentasi, progresif dalam audit dan tindakan koreksi serta dilengkapi dengan sertifikat. Kedua, sistem manajemen kualitas ISO-9000 sangat adaptif untuk diaplikasikan di berbagai macam organisasi. Ketiga, sistem manajemen kualitas ISO-9000 sangat informatif, mudah dipahami dan telah dijadikan sistem manajemen kualitas standar internasional.
Tujuan implementasi sistem manajemen kualitas ISO-9000 dimanapun juga sama yaitu untuk meningkatkan daya saing, meningkatkan efisiensi bisnis dan meningkatkan efektivitas bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut, sistem manajemen kualitas ISO-9000 lebih menekankan konsep pengendalian sejak dini, lebih menekankan pencegahan ketidaksesuaian dari pada mengoreksi setelah terjadi ketidak sesuaian.

Manfaat Implementasi Sistem Manajemen Kualitas ISO 9000

Impelmentasi sistem manajemen kualitas ISO-9000 pada dasarnya mempunyai manfaat poko sebagai berikut :
a. Meningkatkan efisiensi kerja, efektivitas kerja dan produktivitas
b. Meningkatkan daya saing
c. Adanya jaminan konsistensi terhadap kualitas produk
d. Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk
e. Struktur kerja lebih jelas dan transparan
f. Meningkatkan keterampilan pegawai karena pembinaan SDM terprogram
g. Lingkungan kerja lebih rapi dan bersih
h. Dokumentasi lebih teliti
Manfaat tersebut merupakan akibat dari semakin baiknya manajemen dalam perusahaan. Sistem manajemen kualitas ISO-9000 tidak mensyaratkan bentuk manajemen tertentu yang dinilai adalah sistem yang jelas, bertanggung jawab, konsisten dan dapat dipercaya bagaimana sistem kualitas tersebut dikendalikan dan bagaimana komitmen mereka terhadap kualitas.
Bagi perusahaan yang baru akan masuk dalam pasar global, perhatian terhadap faktor-faktor seperti : harga yang kompetitif, dapat memenuhi kebutuhan dan selera pelanggan, sesuai dengan spesifikasi, jaminan pasokan dan beberapa persyaratan lainnya baik yang melekat pada produk maupun masalah legalisasi, dapat diantisipasi dengan mengimplementasikan sistem manajemen kualitas ISO 9000

Join The Discussion

Call Now Button
Open chat
Hallo mba siti mau tanya seputar perizinan